Sejarah Desa


Sejarah Desa Karanganyar

  1. Asal-Usul Pembentukan Desa

Desa Karanganyar berdiri pada tahun yang tidak diketahui sejarahnya. Diperkirakan berdiri pada abad 18 ketika terjadi perang Diponegoro melawan Belanda. Sehingga desa Karanganyar ini lahir sebelum Indonesia  merdeka pada tahun 1945.

Hingga saat ini pemerintah desa Karanganyar belum menemukan dokumen dan bukti sejarah yang menyebutkan tahun berdirinya desa Karanganyar. Sejarah desa Karanganyar hanya bisa dirunut berdasarkan cerita lisan yang berkembang secara turun menurun di tengah masyarakat, bahwa Desa Karanganyar didirikan oleh seorang prajurit pengikut Pangeran Diponegoro pada abad ke 18 yang berasal dari Yogyakarta. Yang membuka bubak sembung senggani desa , di Cungkub pemakaman Umum Tersana ada beberapa makam tertulis Kyai Setrayuda , Kyai Terang Pati, Kaki Kramasari dan Kyai Gedong Lotong menurut cerita yang berkembang di Masyarakat beliau beliaulah nama pendiri desa Karanganyar.

  1. Kyai Jiwantaka adalah seorang Demang di Karanganyar
  2. Kyai. Setrayuda adalah Menantu Kyai Jiwantaka yang biasa mewakili Tugas beliau.
  3. Kyai Terang Pati adalah Pembantu Kyai Jiwantaka
  4. Kaki. Kramasari. Adalah Juru Mertani atau penasehat Kyai Jiwantaka
  5. Kyai. Gedhong Lotong. adalah Juru Keamanan Desa

Menurut riwayat dari cerita yang berkembang di penduduk, desa Karanganyar merupakan desa pindahan dari desa yang terletak di Bantaran kali serayu . Perpindahan itu dikarenakan Bantaran kali serayu mengalami banjir. Kemudian mereka Berlima mengadakan Musyawarah untuk mencari tempat yang lebih tinggi dan sepakat untuk pindah ke sebuah tempat yaitu Pekarangan anyar (pekarangan Yang Baru) .yang biasa disebut Karang Anyar  yang sekarang menjadi Desa Karanganyar.

Sejarah ini ditulis berdasarkan cerita secara turun-temurun. Dan salah satu narasumber yang  menjadi rujukan penulisan sejarah yang menceritakan sejarah berdirinya desa Karanganyar ialah Sesepuh desa Karanganyar kepada sekdes Karanganyar periode sekarang, Sono.


Total Dibaca

PEMERINTAH DESA KARANGANYAR MENGATAKAN TIDAK UNTUK

  • PUNGLI
  • KORUPSI

 

 

 

 

Contact Details

Telephone: -
Email:  pemdeskaranganyar01@gmail.com
Website: https://karanganyar-sukoharjo.wonosobokab.go.id

Jl Raya Sukoharjo KM 3 Kode Pos : 56363

Link Terkait

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

KEMENTRIAN DALAM NEGERI

E-PBB WONOSOBO